Apa yang dimaksud dengan alopecia ?

Alopecia - Mengatasi Kebotakan

Buat kamu yang mengalami kerontokan tentu sudah tidak asing dengan kata alopecia. alopecia bisa dikatakan secara umum adalah kebotakan. Orang dikatakan terkena alopecia ketika seseorang mengalami kerontokan hingga lebih dari 100 helai rambut per hari. Sehingga lama - lama akan mengalami botak semi permanen hingga permanen.

Alopecia bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau system immune , ketika mengalami masa kehamilan, stress dan banyak fakor lainnya yang menyerang folikel rambut yang menyebabkan kerontokan. bukan hanya itu saja alopecia juga bisa mengindikasikan penyakit lainnya.

Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami alopecia :

  1. Keturunan keluarga
  2. Hormon yang tidak seimbang
  3. Kemoterapi
  4. Induksi obat obatan
  5. Melahirkan
  6. Kurangnya gizi dalam tubuh
  7. menopause
  8. Stress dan Depresi

Jangka waktu terjadinya alopecia bisa beragam ada yang hanya ketika dalam kondisi tertentu dan ada juga yang terjadi hingga selamanya. dalam artian bisa terjadi semi permanen (sementara) ataupun permanen hingga mengalami botak keseluruhan pada rambut.

Alopecia sendiri umumnya terbagi menjadi beberapa kategori yaitu :

  • Alopecia areta

naah alopecia areta ini biasanya penyebab utamanya karena ketidakseimbangan system immune yang menyerang folikel folikel rambut yang menyebabkan kerontokan. berdasarkan statement webmd sebagai berikut.

Alopecia areata is a type of hair loss that occurs when your immune system mistakenly attacks hair follicles, which is where hair growth begins. The damage to the follicle is usually not permanent.

Mereka mengatakan biasanya kerontokan yang terjadi karena alopecia areta bersifat sementara dan berada di area area tertentu saja tidak mengalami penipisan atau kebotakan diseluruh bagian kepala.

  • Alopecia totalis

untuk yang mengalami kerontokan akibat alopecia totalis biasanya disebabkan oleh faktor faktor keturunan keluarga yang memiliki dan menderita alopecia totalis. secara umum alopecia totalis tidak bisa disembuhkan secara total namun kamu bisa memperlambat dan menggunakan serum yang dapat menangkal hormon yang menyebabkan kerontokan pada rambut.

Alopecia totalis ini akan merontokkan seluruh rambut yang ada dibagian kepala secara total dan kamu akan mengalami kebotakan secara total (botak keseluruhan) namun dengan waktu proses yang perlahan lahan untuk menipiskan rambut kamu dibagian kepala.

  • Alopecia universalis

kerontokan akibat alopecia universalis tidak hanya terjadi pada bagian rambut yang ada dikepala melainkan semua rambut yang ada di seluruh tubuh. kamu pasti pernah kan melihat orang yang kepalanya botak halus dan bulu halus dikaki tangannya juga tidak ada. bisa jadi kemungkinan orang tersebut terkena alopecia universalis.

alopecia universalis juga bisa menandakan adanya suatu penyakit lain yang menyerang system tubuh sehingga menyerang bagian rambut ataupun bulu. sebaiknya konsultasikan ke dokter jika kamu mengalami alopecia universalis agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Alopecia androgenetic

Kerontokan yang disebabkan oleh alopecia androgenetic ini sifatnya yang paling umum yaitu karena proses penuaan. namun jika kamu mempunyai tubuh yang sehat dan tidak mempunyai riwayat kebotakan pada keluarga biasanya kamu akan terhindar dari kerontokan yang disebabkan oleh alopecia androgenetic.

  • Alopecia symtomatica

alopecia symtomatica disebabkan oleh penyakit tertentu yang menyebabkan kerontokan dan folikel rambut yang menjadi rusak. sebaiknya ketika mengalami kerontokan yang mendadak kamu memeriksakan kesehatan tubuhmu terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabkan karena akan sangat dikhawatirkan jika ada penyakit akut yang tinggal di tubuh kamu.

biasanya alopecia systomatica ini bersifat sementara saja jika penyakit yang menyerang folikel rambut tersebut hilang biasanya folikel rambut akan bekerja dan berfungsi dengan baik juga.

  • Alopecia cicatrizata

biasanya alopecia cicatrizata sangat amat jarang terjadi kepada seseorang. kerontokan cicatrizata bisa dibilang kerontokan yang paling parah karena disebabkan folikel yang rusak dan meradang sehingga rambut sama sekali tidak bisa tumbuh kembali.

jika kamu merasa terkna alopecia cicatrizata cara terbaik untuk menanganinya adalah langsung konsultasikan ke dokter spesialis untuk diberikan penanganan yang cepat dan tepat. dan bisa memperlambat proses dari kebotakan yang disebabkan alopecia cicatrizata.

alopecia juga bisa disebabkan oleh obat obatan yang sedang kamu konsumsi contohnya. anabolic streoid, obat kemoterapi, obat hipertensi, obat depresi, vitamin A dengan dosis tinggi dan sebagainya. kalau kamu sedang menjalani pengobatan dan rambut kamu mulai rontok kamu bisa menyimpulkan kerontokan tersebut sebagai efek dari obat obatan tersebut.

selain obat obatan alopecia juga bisa terjadi jika kamu melakukan perawatan rambut yang berlebihan seperti perawatan dengan bahan bahan kimia, menggunakan blow-dryer secara rutin, pewarna rambut dan lain halnya. sebaiknya hindari perawatan yang sangat berlebihan yang akan merusak folikel folikel rambut dan tidak bisa bernafas.

perlu diketahui penderita alopecia dapat terkena oleh siapapun entah itu pria, wanita, yang muda dan yang tua semua bisa terkena gejala alopecia. hidup sehat dan teratur bisa menghindari kamu dari alopecia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *